Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Peserta...

DAY 1 (Senin, 12 Juli 2021) 

🔹Hari ini merupakan pembukaan "Pelaksanaan MPLS secara Virtual". Kegiatan ini dilakukan oleh para guru dengan bertempat di sekolah, yaitu SDIT Anak Sholeh Mataram. Para peserta MPLS terlihat sangat antusias, hal ini ditandai pertama kali dengan beberapa peserta yang setia menanti di ruang zoom pada 2 jam sebelum acara dimulai. Masya Allah...

🔹Hj. Wahidah, SE selaku Direktur mengemukakan beberapa hal, yaitu sebagai berikut :

⭐ SDIT Anak Sholeh Mataram merupakan sekolah yang sangat dinanti-nantikan oleh para orangtua. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya program kreatif yang diadakan sekolah demi mencetak generasi yang cerdas, kreatif dan bertaqwa. Salah satu contohnya yaitu adanya program mabit (malam bina iman dan taqwa) yang dilaksanakan di sekolah.

⭐ Selain itu, SDIT Anak Sholeh Mataram juga memiliki guru khusus dalam menangani anak-anak spesial. Dalam artian, anak yang kurang/lebih dalam hal akademik ataupun sosial. Beliau memaparkan bahwa pada tahun ini, SDIT menerima siswa yg secara sosial atau usianya masih kurang memenuhi kriteria untuk masuk Sekolah Dasar. Tetapi, ananda tersebut memiliki akademik yang lebih tinggi dibandingkan teman-temannya yang lain. Sehingga, sekolah mempersiapkan guru khusus yang akan mendampingi ananda di sekolah selain guru yang ada di kelasnya. Hal ini disampaikan oleh beliau dengan harapan agar untuk ke depannya, perjalanan kegiatan belajar mengajar tidak ada yang memberikan spekulasi tentang ketidak-adilan dalam menangani ananda oleh ustadz dan ustadzah di sekolah.

 

🔹Selain sambutan dari Direktur SDIT Anak Sholeh Mataram, kegiatan pembukaan MPLS juga dimeriahkan dengan perkenalan ustadz dan ustazah yang mengampu di kelas 1. Alhamdulillah, para ananda sangat bersemangat ingin melihat dan mengenal secara langsung siapa saja guru yang akan mengajar mereka selama setahun ke depan walaupun hanya melalui virtual.

🔹Tampilan profil sekolah yang disertai dengan video lingkungan sekolah juga diputarkan melalui zoom untuk menambah motivasi belajar ananda. Hal ini sebagai gambaran tentang medan sekolah dan fasilitasnya serta aktivitas selama pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol covid-19 secara ketat. Inilah bentuk ikhtiar sekolah dalam menjaga kesehatan dan keselamatan siswa, guru serta warga sekolah lainnya.

🔹Kegiatan yang tidak kalah menarik dan dinanti-nantikan oleh para ananda, yakni penampilan video twibon (https://twb.nz/sditbacktoschool) yang berisikan tampilan foto ananda pada kelasnya masing-masing. Ananda tidak sabar ingin menyaksikan siapa saja teman-teman sekelasnya pada video tersebut.

🔹Pada penghujung acara, ananda belajar membuat papan nama sebagai latihan menulis dan berkreasi dalam menghias papan namanya masing-masing. 😊

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

DAY 2 (Selasa, 13 Juli 2021)

🔸Pada hari ini, zoom keakraban dilakukan pada masing-masing kelas yang diawali dengan kegiatan saling menyapa antara ananda dengan guru dan ananda dengan sesama temannya di kelas. Hal ini bertujuan agar ananda dapat menjalin kedekatan dengan lingkungan barunya. 

🔸Adapun kegiatan penting lainnya di hari kedua ini, yaitu :

1. Menulis nama dan cita-cita ananda.

Kegiatan ini dilakukan di bawah pendampingan orangtuanya masing-masing, dimana hasil tulisannya kemudian dapat dihias dan dikreasikan seindah mungkin. 

2. Membaca atau menyebutkan nama panggilan dan cita-cita.

Ananda dipanggil satu-persatu dengan cara spotlight pada ruang zoom untuk dapat tampil dengan menyebutkan nama dan cita-citanya serta dengan percaya diri menunjukan hasil kreasi mereka saat menulis nama dan cita-citanya.

3. Lomba menghafal Surat al-Fill.

Guru mentalaqi Surat al-Fill secara klasikal sebanyak 3 kali, kemudian semua ananda ikut mengulang juga sebanyak 3 kali. Setelah itu, ananda ditugaskan untuk menghapal Surat tersebut dengan mengirimkan rekaman suara via wa (voice note). 

​​​​​

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

DAY 3 (Rabu, 14 Juli 2021)

Pada hari ini, ananda ditugaskan untuk membuat kreasi edukasi berupa tempat pensil dari bahan kertas manila dan botol bekas. Ananda membuat kotak pensil di rumah masing-masing didampingi orang tua melalui panduan video yang dikirimkan oleh guru pada hari sebelumnya. Setelah tugas selesai, foto proses pembuatan dan hasil akhirnya dikirimkan orang tua melalui WA. 

​​​​​​

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Waahh... Barokallah ananda sholeh-sholehah, semoga ananda selalu bersemangat untuk mengikuti pembelajaran di awal tahun pertama ananda menduduki bangku sekolah dasar ini ya... ☺️

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Jumat, 16 Juli 2021

PARENTING

▪️Kegiatan ini dilakukan secara online via zoom meeting pada pukul 16.15 WITA dengan mengangkat tema : "Membangun Sinergi Harmonis antara Rumah dan Sekolah dalam Mendampingi Kegiatan Pembelajaran Online"

▪️Ustadzah Ikah Farikah S, SE selaku Wakil Direktur SDIT Anak Sholeh Mataram menyampaikan kata-kata sambutan beliau mengenai pentingnya kerjasama antara orangtua dan guru dalam mencapai hasil belajar anak, terutama dalam pembiasaan hal-hal positif yang dilakukan ananda saat berada di sekolah maupun di rumah. Poin-poin pembiasaan ini tertuang dalam penilaian buku penghubung, seperti : sholat 5 waktu, belajar, mengaji, membantu orang tua, menutup aurat, sholat dhuha, dan berinfak.

▪️Cakupan materi parenting yang disampaikan oleh Ustadz Lalu Yulhaidir, M. Psikolog, diantaranya adalah perlunya penyesuaian pendidikan teknologi dengan lingkungan, perlunya mengetahui dampak positif dan negatif akan keberadaan IT dalam pembelajaran daring dan bagaimana implementasi IT sesuai level perkembangan siswa.

▪️Adapun poin penting yang disampaikan oleh pemateri yaitu sebagai berikut :

1️⃣Perkembangan motorik halus dan kasar saat belajar aktivitas gerak saat belajar online

2️⃣Readyness (kesiapan anak), menyapa, menanyakan kondisi anak, dll

3️⃣Perkenalkan anak dengan berbagai ragam aplikasi positif yg dapat diakses anak agar dapat berkembang dan belajar, seperti :

a google classroom

b. YT Gds

c. Aplikasi belajar bahasa lewat DuoEngo

d. Quick Maths

e. PBS kid video

f. Paket belajar lengkap TK dan PAUD

g. Aplikasi belajar marbel-lancar belajar membaca

h. Aplikasi belajar lagu daerah nusantara

4️⃣Inovasi dalam e-learning

5️⃣Konsentrasi 7 menit bagi anak usia 7 tahun dalam belajar bermanfaat untuk menjaga harmoni saat kegiatan belajar, sehingga anak tidak bosan dan mampu belajar dalam waktu 30 menit secara online

6️⃣Guru dapat mengirimkn CV walas dan gulas kepada orangtua, agar orangtua dapat bercerita kepada siswa tentang profil gurunya. Sehingga, apabila tidak bertemu pun, anak dapat mengenal gurunya

7️⃣Kegiatan pembelajaran terjadi ketika ada akseptensis pada anak (penerimaan pada anak) butuh kedekatan secara personal (home visit pada anak, menelpon anak satu persatu)

8️⃣Variasi kooperatif learning

9️⃣Seimbangkan pengetahuan anak tentang belajar daring dan tatap muka, sehingga anak nyaman belajar dengan metode keduanya

1️⃣0️⃣Usia kelas 1 SD adalah masa transisi dari TK menuju SD, untuk itu janganlah langsung di tinggal. Bantu anak menyiapkan perlengkapan pada 3 bulan pertama (monitoring kontrol)

1️⃣1️⃣Tips agar anak tidak bosan belajar daring :

a. kontak mata, bahasa tubuh menarik perhatian

b. pastikan anak-anak paham/tertarik atas apa yang disampaikan

 

 

Komentar :